Senin, 30 Juli 2012

Mengenal Perbedaan SEO On Page dan Off Page


Sebelum kita mengenal apa saja perbedaan SEO On Page dan Off Page, mungkin dari Anda ada yang masih bingung definisi SEO itu sendiri.  SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization, yakni sebuah teknik agar website yang kita buat bisa ditemukan dengan mudah lewat mesin pencari seperti Google.
SEO merupakan cara yang paling efektif untuk mendatangkan pengunjung melalui search engine Google.  Tentu Anda ingin trafik pengunjung menaik bukan?  Nah, cara agar website banyak pengunjung bisa melalui dua trik SEO.  Keduanya yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.
Pengertian SEO On Page
SEO On Page berarti kita melakukan aktifitas SEO langsung dalam blog kita.  Dengan kata lain, ini merupakan apa yang bisa dilakukan pada halaman-halaman web pages dari sebuah blog atau website.  Masih sama, kegunaannya untuk memaksimalkan posisi di mesin pencari sesuai dengan target keyword.  Trik SEO ini merupakan optimasi dari segi struktur halaman blog Anda, sehingga search engine lebih mudah mengenalinya.
Cara melakukan SEO on page meliputi:
  1. Penggunaan tag < h1 >,  < h2 >, < h3 >

  2. Penggunaan meta tag yang meliputi meta keyword, meta description, -dan meta robot.

  3. Image, jika pada sebuah halaman terdapat gambar, maka ingatlah selalu untuk memberikan judul atau image title dan alt atau alternate text for image.

  4. Pakailah bold juga italic dalam keyword artikel Anda.

  5. Buatlah artikel-artikel Anda saling terhubung sehingga internal link semakin kuat.  Caranya, cantumkan link ke artikel lain dalam setiap artikel Anda.
Bila hosting yang Anda gunakan merupakan hosting sendiri (self hosted) atau blog dengan platform wordpress, maka cara ini menjadi lebih mudah dilakukan.  Sebab fasilitas plugin-plugin SEO tersedia disana.
Pengertian SEO Off Page
Bila pada On Page Anda memanfaatkan web atau blog sendiri, kini pada SEO Off Page Anda diharuskan menjalin interaksi di luar web Anda.  Misalnya dengan mencari backlink, entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog orang lain.  SEO Off Page merupakan hal-hal yang dilakukan diluar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search engine berdasarkan target keyword yang memiliki hubungan dengan konten.
Cara melakukan SEO Off Page diantaranya:
  1. Backlink, contohnya Anda melakukan blogwalking ke blog orang lain.

  2. Posting artikel ke berbagai situs atau forum sosial bookmarking.

  3. Share di berbagai jejaring sosial sebagai promosi.  Misalnya ke Facebook, Twitter, linkedIn, atau stumbelupon, reddit, digg, dan delicious.
Nantikan tips seputar SEO lainnya !




Sumber :Tekno Kompasiana

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar