Kamis, 26 Juli 2012

Meningkatkan Signal Modem USB dengan Gelas (Modem Gelas)


Hampir setiap hari saya menjalani aktivitas sehari-hari baik berkebun dan juga mengelola usaha penitipan kendaraan roda dua (motor). Dikarenakan pekerjaan yang ke dua lebih banyak membuat aktivitas saya adalah menunggu dan diam di tempat, maka sehari-harinya untuk mengusir sepi dan jenuh saya berinternet ria di area parkiran.
Lokasi tempat tinggal saya dikelilingi bangunan pabrik yang kemungkinan menjadi salah satu penyebab signal modem yang saya gunakan kadang cuma berada di signal edge (hanya dua atau tiga batang signal) dan paling maksimal mencapai signal HSDPA (paling maksimal 1 batang signal). Lumayan bikin kesal dan pusing juga dengan koneksi internet seperti ini.
Sampai akhirnya dua bulan yang lalu saya terus browsing mencari solusi dan akhirnya karena mentok di biaya saya mencoba sebuah solusi sederhana yang menganjurkan untuk meletakkan modem di dalam gelas beling transparan.
1343274536254581502
modem USB dalam gelas beling transparan (sisilain.net)
Awalnya saya kurang percaya, namun akhirnya saya coba juga. Segera saya matikan koneksi, lalu saya ambil  kabel konektor modem dan modemnya sendiri saya masukkan ke dalam gelas. Alhasil… saya sedikit melongo (terbengong-bengong)… ternyata signal modem saya langsung berubah manjadi signal WCDMA dengan jumlah batang signal mentok sebanyak 5 batang (signalnya ereksi maksimal) dan hahaha saya tertawa sendiri. Kok bisa ya? saya sendiri belum mengetahui mengapa bisa seperti itu? Namun yang pasti selama dua bulan ini saya sudah tidak mengalami masalah dengan modem USB saya. Signalnya Mentok Full.
Kemudian ada satu lagi yang dapat menyebabkan gangguan signal pada modem 3G USB yaitu gangguan koneksi akibat modem menjadi panas karena terlalu lama dicolok. Untuk mengakali hal ini saya pun telah  mencoba dengan mendinginkan modem dalam gelas bening yang  diisi dengan air dingin. Namun tentu saja modem USBnya harus dibungkus dulu dengan menggunakan plastik dan pastikan plastiknya tidak tembus air. Dan jika ingin lebih mantap lagi dengan menambahkan wireless router seperti gambar di bawah ini. (Jika tidak punya wireless router anda dapat membelinya dulu, namun jika malas membeli pun langsung dicolok ke kabel konektor pun tidak apa-apa, yang penting anda membungkusnya dengan rapi agar tidak bocor, karena trik kedua ini menggunakan tambahan media air dingin)
1343275028596896651
modem gelas yang tetap dingin (prauniversitas.blogspot.com)
Bagi anda yang masih menggunakan modem USB seperti halnya saya dan mengalami kelambatan koneksi internet atau gangguan signal modem yang lemah. Anda dapat mencoba dua trik sederhana yang sudah saya gunakan selama dua bulan ini. Anda tidak harus percaya… namun apa salahnya mencoba. Hehehe. Jika ingin lebih asik lagi modem dingin yang ada air dinginnya bisa anda tambahkan gula dan teh jadi kalau bosen atau jenuh bisa anda sekalian menikmati teh manis dingin juga, kecuali bagi anda yang beribadah puasa, jangan diminum hehehehe)
Demikian dua trik sederhana ini yang saya dapatkan beberapa bulan yang lalu dari hasil browsing dan saya telah mencobanya dan sejauh ini hasilnya bagi saya sangat membantu dan sangat memuaskan. Semoga bermanfaat.
~Adam Heins~
===================================================================
NB: Dapat Juga dicoba bagi yang menggunakan media handphone sebagai modem (modem hp) untuk koneksi internetnya dengan cara yang sama seperti modem usb dengan memasukkan modem hpnya ke dalam gelas.
===================================================================
Catatan Penting :
Salah satu bahan baku dasar gelas adalah Silika.  Silika atau dikenal dengan silikon dioksida (SiO2) merupakan senyawa yang banyak ditemui dalam bahan galian yang disebut pasir kuarsa, terdiri atas kristal-kristal silika (SiO2) dan mengandung senyawa pengotor yang terbawa selama proses pengendapan.
Serat optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia berkisar antara 2 mm sampai 125 mm. Dalam upaya untuk memperoleh kinerja yang baik, biasanya serat ultra pure fused silika adalah bahan yang sering digunakan sebagai bahan pembuat serat optik karena memiliki loss kecil.
Salah satu teknologi yang digunakan dalam membangun suatu sistem jaringan komputer dan masih terus dalam tahap pengembangan adalah teknologi serat optik. Teknologi serat optik ini terus dikembangkan supaya dapat meningkatkan kinerja sistem jaringan komputer.
Serat optik adalah salah satu media transmisi yang mampu menyalurkan data dalam bentuk cahaya dengan kapasitas besar dengan kehandalan tinggi. Kehandalan serat optik ini diperoleh karena serat optik menggunakan gelombang optik (cahaya laser) sebagai gelombang pembawanya. Hal ini berbeda dengan jenis media transmisi lain yang menggunakan sinyal listrik yang merambat melalui kabel sebagai pembawa sinyal.
Penguatan signal modem USB yang saya letakkan dalam gelas bening yang berbahan dasar Silika kemungkinan memiliki korelasi dengan catatan-catatan penting di atas, yakni karena berbahan Silika yang jika dikembangkan dalam teknologi serat optik terbukti mampu menyalurkan data dalam jumlah besar dengan kehandalan tinggi. Ini hanyalah catatan yang mungkin harus dibuktikan oleh Ahli IT.



Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar