Minggu, 29 Juli 2012

Menuai Sukses lewat Blog

Lea (kiri) saat mendampingi tiga siswanya sebagai juara II Festival Debat Ekonomi Kreatif 2012 tingkat SMA/MA/SMK Jateng. (Foto: Suara Merdeka)
Sebuah kabar gembira datang dari Amelisari Kesuma. Saking senangnya, guru kreatif dari MAN Salatiga ini membocorkan bahwa naskahnya dinyatakan lolos seleksi dan dinilai layak diterbitkan. Penerbitnya pun termasuk bonafide!
Perempuan berjilbab yang akrab disapa Lea ini layak bangga. Pasalnya, ia mengaku tidak menawarkan naskahnya tersebut. Pihak penerbit sendiri yang awalnya membaca tulisan-tulisan Lea di blog pribadinya.
Jika mengintip ke ”rumah maya” milik Lea tersebut (http://untukanakbangsa.blogspot.com), Anda pasti setuju dengan saya bahwa blog ini memang yahud. Isinya penuh inspirasi. Berkelas!
Lea memang bukan orang pertama yang naskahnya dibaca penerbit dan ditawari untuk diterbitkan. Meski kisahnya tak persis sama, bloger muda terkenal Raditya Dika pernah menuai sukses besar lewat bukunya, Kambing Jantan. Buku itu sendiri merupakan kumpulan tulisan Raditya di blog pribadinya.
Yang justru ceritanya mirip Lea adalah pengalaman seorang anak muda yang bernama Arief Muhammadi. Hanya karena sering nge-tweet kocak di jagat Twitter, pemilik akun @poconggg itu dijubeli follower. Ia punya banyak penggemar yang tidak hanya warga biasa, tapi juga kalangan selebriti. Ketika wabah tweet @poconggg, ada penerbit yang melihat peluang. Yakni, penerbit Bukune. Lewat komunikasi intens dengan bantuan Raditya Dika (editor Bukune), si penerbit akhirnya mengadakan perjanjian penerbitan dengan Arief yang kala itu identitasnya belum terkuak di jagat maya.
Pihak Bukune meminta Arief memperbaiki kualitas tulisannya agar bisa menjadi sebuah buku yang enak dibaca. Raditya Dika yang belakangan diketahui adalah sahabat si penulis (Arief) yang memberikan bimbingan menulis langsung. Akhirnya, naskah itu terbit dengan judul Poconggg Bukan Pocong.
Buku ini membikin heboh para penggemar akun @poconggg. Fans-fansnya sampai rela berdandan aneh-aneh dan menunggu sejak pagi sebelum buku itu diluncurkan. Benar-benar gila! Hanya dalam hitungan beberapa bulan sejak diluncurkan, buku ini cetak ulang sebelas kali. Tentu saja Arief mendadak jadi selebriti setelah jati dirinya akhirnya terkuak. Jutawan baru!
Tentu saja saya berharap agar karya Lea, sahabat saya tersebut, juga bisa diterima masyarakat. Apalagi, buku itu punya segmen pasar yang tidak bisa dikatakan sedikit. Saya sering membaca tulisan-tulisannya, terutama di milis Ikatan Guru Indonesia (IGI). Membaca tulisannya, saya seperti membaca tulisan Dahlan Iskan. Suerrr!
Namun, bukan itu intinya. Saya hanya ingin menyoroti betapa pentingnya fungsi blog dan jejaring sosial.
Karena itu, saya mendukung gerakan yang pernah dicanangkan Kepala Dispendik Kabupaten Madiun Suhardi pada Maret 2012. Yakni, target guru melek internet dalam tempo tiga tahun. Mengingat belum semua guru di Indonesia yang melek internet dan pentingnya pemanfaatan media internet, maka gerakan itu selayaknya diikuti daerah lain. Pemerintah sendiri amat mendukung gerakan tersebut. Dalam perkembangannya, muncul Gerakan Internet Sehat yang digawangi berbagai pihak.
Untuk itu, sudah saatnya warga pendidikan melek internet. Lea merupakan salah satu di antara sedikit guru yang membagikan pengalamannya mengajar dalam sebuah buku. Lea sendiri memulainya lewat pemanfaatan media blog dalam menuliskan ide-ide dan kreativitasnya.
Saya yakin Lea bisa menuai sukses untuk bukunya yang bakal diterbitkan tersebut. Di sisi lain, saya berharap makin banyak guru kreatif seperti ia. Hanya guru kreatif yang akan membawa pendidikan bangsa ini ke arah yang lebih baik dan lebih maju.
Graha Pena, 29 Juli 2012


Sumber topik : Tekno Kompasiana

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar