Rabu, 08 Agustus 2012

10 Cara Mendapatkan Internet Gratis


SUTARNO. Di tengah era globalisasi, kebutuhan layanan internet bagi sebagian besar orang sangat dibutuhkan. Dengan semakin canggihnya fitur yang ditawarkan, internet semakin menjadi “candu” bagi masyarakat. Internet telah mampu menembus jarak, ruang dan waktu bagi penggunanya.
Begitu juga dengan kebutuhan-kebutuhan kita secara pribadi juga mulai terbantu dengan adanya layanan internet ini. Internet juga menjadi salah satu kebutuhan dalam hidup kita di rumah tangga. Dengan hal semacam itu, kita harus menyisihkan alokasi khusus untuk kebutuhan internet ini. Walalupun begitu, tidak menutup kemungkinan kita juga dapat memperoleh koneksi internet secara gratis. Jika ada, layanan internet gratis semacam ini, mampukah kita menolak untuk mengatakan TIDAK, walaupun kita sudah memiliki senjata ampuh yang bernama MODEM ?
Mungkin hanya seribu satu yang terjadi. Tetapi hal itu saya pastikan dapat kita peroleh, asal kita mau. Bahkan layanan internet yang saya gunakan saat ini jika sedang di rumah saya lebih memilih layanan gratis yang saya dapatkan dari kantor sebelah. Tentunya saya meminta user dan id dengan sopan dan baik-baik. Oleh sebab itulah tidak ada salahnya jika hal ini saya tularkan bagi kompasianer semuanya. Siapa tahu hal ini akan bermanfaat.
Adapun langkah yang dapat kita ambil untuk mendapatkan sambungan internet gratis ini antara lain :
Carilah info layanan internet gratis yang biasanya disediakan oleh pemerintah daerah
Karena internet telah menjadi kebutuhan masyarakat, pemerintah biasanya tidak tinggal diam. Di pusat-pusat keramaian biasanya pemerintah daerah memasang fasilitas internet gratis untuk masyarakat luas. Selain hal itu saat ini pemerintah mencanangkan adanya Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang di sebar di berbagai kecamatan di Indonesia. Apa salahnya jika kita harus memanfaatkan fasilitas ini.
Carilah café yang menyediakan layanan internet gratis pada saat sedang bersantai
Sekali tempo, terkadang kita juga membutuhkan refresing sejenak untuk melepas penat yang kita pikul. Pada saat kita membutuhkan refresing semacam hal itu, terkadang kafe menjadi sebuah pilihan bagi kita. Sama-sama kita pergi ke kafe, apa salahnya jika kita harus sedikit memilih yaitu yang mempunyai layanan internet gratis. Sekali dayung 2 – 3 pulau terlampui, bagaimana pendapat saudara ?
Berkunjung ke perpustakaan umum
Perpustakaan saat ini telah berkembang kebermanfaatannya, selain sebagai kolektor buku sebagai ilmu pengetahuan, perpustakaan saat ini juga berperan sebagai perpustakaan dunia maya. Oleh sebab itulah saat ini rata-rata perpustakaan telah menyediakan fasilitas internet bagi pengunjungnya. Jika hal ini diberikan kepada kita secara gratis, mengapa kita tidak memanfaatkannya ?
Hotel dengan koneksi internet gratis
Begitu juga pada saat kita sedang di luar kota, walaupun mungkin modem selalu menjadi senjata kita, apa salahnya jika kita menikmati fasilitas yang telah disediakan oleh penginapan. Hal itu merupakan bagian dari fasilitas yang diberikan kepada kita atas imbal balik yang kita berikan melalui transaksi kita. Kita tidak perlu berkecil hati untuk sekedar meminta user id kepada petugas penginapan / hotel. Jika fasilitas ini memang diberikan secara gratis, petugas pasti akan memberikan user id dengan senyum.
Santai di taman dekat kantor
Wifi telah menjadi bagian dari koneksitas internet di mana saja. Seiring berkembangnya penggunaan notebook / netbook / tablet, wifi sangat membantu pengguna untuk koneksi dengan internet melalui nirkabel. Oleh sebab itulah setiap kantor memberikan fasilitas ini kepada pegawai di lingkup kantor tersebut. Dengan adanya fasilitas ini paling tidak kita dapat memanfaat sinyal hotspot yang dipancarkan oleh wifi kantor tersebut. Kita hanya sebatas santai di taman / teras kantor tersebut kita dapat mendapatkan fasilitas internet secara gratis. Jika memang membutuhkan user id, apa salahnya jika kita memintanya secara baik-baik dan bertanggungjawab.
Berbagailah koneksi internet yang kita miliki dengan tetangga / orang terdekat kita melalui fasilitas wifi
Ada pepatah mengatakan bahwa “Jika kita ingin diperhatikan, maka berbagilah”. Ternyata pepatah ini juga berlaku di dunia maya. Apa salahnya jika kita mempunyai koneksi internet kita berbagai dengan orang-orang dekat kita. Secara finansial mungkin hal ini tidak akan merugikan kita, mungkin hanya sedikit lalulintasnya yang sedikit padat.
Gunakan fasilitas wifi yang dimiliki tetangga yang tidak terproteksi
Begitu juga dengan wifi tetangga yang mungkin hinggap di rumah kita. Kita dapat memanfaatkan dengan hal-hal positif. Jika memang kita sering berbagai niscaya tetangga kita juga tidak akan keberatan dengan koneksi yang dimilikinya.
Mintalah akun secara baik-baik ke kantor terdekat
Hal ini seperti yang saya lakukan saat ini. Saat ini jika saya sedang di rumah saya lebih memilih menggunakan fasilitas internet gratis dari instansi sebelah. Kita dapat minta dengan baik-baik. Jika kita tidak mengenal admin secara dekat, kita bisa lewat orang yang kita kenal. Apa salahnya jika kita minta fasilitas ini, sebagai wujud timbal balik instansi tersebut dengan lingkungan sekitar. Bukankah instansi ini juga terkadang merepotkan lingkungan juga, walaupun tanpa disadari ?
Meng-crack koneksi wifi
Jika semua cara di atas sudah tertutup bagi kita untuk mendapatkannya, maka kita dapat melakukan cara terakhir ini, yaitu meng-crack hotspot yang kita inginkan. TETAPI INGATLAH BAHWA HAL INI ADALAH BAGIAN DARI KEJAHATAN CYBER DAN SAUDARA HARUS BERTANGGUNGJAWAB.



Sumber : Teknologi Kompasiana

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar