Kamis, 30 Agustus 2012

Mozilla Firefox 15: Kejutan Spesial untuk Web Developer


Firefox 14 sudah basi. Kini telah muncul Mozilla Firefox terbaru, yaitu Firefox 15. Jika update-update sebelumnya serasa ditujukan untuk pengguna internet biasanya, update terbarunya kali ini akan sangat memanjakan Anda yang merupakan web developer. Apa saja yang ditawarkan Firefox 15?

Ketika pertama kali melihat fitur ini, wowwwww…. Saya sebagai seorang blogger dan web developer tidak perlu lagi mencari-cari bermacam gadget hanya untuk mendesain website dengan responsive design. Pada firefox 15 Anda cukup mengakses Menu -> Web Developer -> Responsive Design View.
responsive design view firefox 15
Anda tidak perlu lagi melakukan resize jendela browser Anda. Pada fitur ini sudah disediakan beberapa resolusi layar yang sering digunakan.

Akrab dengan fungsi Ctrl+Shift+I? Kali ini Firefox akan semakin mempermudah pekerjaan Anda. Ketika Anda melakukan inspect element, tekanlah tombol “Style” pada kiri bawah.
inspector layout view firefox 15
Firefox akan menunjukkan dimensi elemen yang Anda pilih. Lebar, tinggi, padding, border, margin, semuanya ada di situ dan ditampilkan secara visual, bukan teks. Kali ini Anda tidak memerlukan Firebug lagi. Woww…

Firefox terbaru telah dilengkapi fitur debugger. Fitur yang sebelumnya hanya bisa didapat dengan add-on Firebug. Hmmm… Makin bagus saja browser ini. Anda dapat membuang 1 add-on lagi untuk menghemat memori.
java script debugger firefox 15

Mulai Firefox 15, update-update berikutnya akan dilakukan dengan metode silent update. Ini artinya Firefox Anda akan otomatis mengupdate dirinya sendiri. Ketika Anda restart Firefox, update tersebut sudah terpasang. Sangat praktis, Anda tidak perlu mendownload installernya.
Catatan: jika Anda belum memiliki Firefox, Anda dapat download firefox terbaru disini.

Sebelumnya, ada beberapa add-on yang menyebabkan memory leak cukup parah. Bahkan ada add-on yang menggunakan memori hingga satuan giga. Akibatnya Firefox Anda bisa jadi lemot, bahkan komputer Anda pun jadi lemot. Firefox 15 telah berhasil mengatasi hal ini.
Demikian info terbaru tentang Mozilla Firefox terbaru. Meskipun belakangan diketahui bahwa Chrome mulai mengalahkan pasar Firefox, namun jika Firefox dapat terus memberikan update-update seperti ini, saya rasa Firefox akan kembali menjadi raja browser, setidaknya bagi kalangan web developer.


Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar