Selasa, 07 Agustus 2012

Tips Mudah Memilih Web Browser Tercepat dan Tepat Guna


Internet Anda lambat? Browsing pun jadi menjengkelkan bukan? Hal ini dapat disebabkan oleh web browser yang Anda gunakan. Internet sudah lambat, ditambah dengan web browser lambat. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan sedikit tips untuk memilih web browser tercepat dan tepat guna.
Di sini saya mengambil 3 web browser terkenal saat ini, yaitu Internet Explorer (IE), Firefox, dan Chrome. Manakah di antara ketiganya yang merupakan web browser tercepat? Manakah yang cocok untuk Anda?

Setiap komputer dengan Sistem Operasi Windows, umumnya memiliki Internet Explorer. Jika Anda tidak mau repot memikirkan web browser, cukup lah menggunakan IE. Tidak perlu install, tinggal pakai saja.
Untuk kecepatan loading website, IE berada pada urutan terakhir, setelah Firefox.

Kelebihan IE

Anda tidak perlu repot mengurus apa pun dari browser ini. Saya kira, tiap komputer dengan Sistem Operasi Windows pastinya memiliki IE. Ini membuat IE menjadi browser yang paling mudah ditemui.

Kekurangan IE

IE merupakan web browser yang paling lemah sistem keamanannya. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa virus online bisa masuk ke komputer melalui IE.

Siapa yang cocok menggunakan IE?

IE cocok untuk Anda yang hanya mencari informasi di internet, tanpa harus membuat akun-akun online. Murni hanya browsing saja. Ingatlah bahwa IE merupakan browser yang paling lemah keamanannya. Anda tidak ingin akun online Anda dijebol orang tidak bertanggung jawab bukan?
IE juga cocok digunakan untuk Anda yang baru belajar internet.

Firefox merupakan web browser multi guna. Web browser ini banyak memiliki dukungan add ons. Selain itu, Firefox merupakan website yang paling sering diupdate. Hal ini membuat Firefox lebih aman daripada IE.
Untuk masalah kecepatan, Firefox adalah web browser tercepat kedua setelah Chrome.

Kelebihan Firefox

Kelebihan Firefox lainnya adalah, Firefox tidak menghabiskan memori komputer terlalu banyak. Dengan hal ini, Firefox tidak terlalu membebani sistem.

Kekurangan Firefox

Untuk kelemahan Firefox adalah waktu start-nya. Ketika kita menjalankan Firefox, browser ini tidak akan cepat siap untuk digunakan.

Siapa yang cocok menggunakan Firefox?

Firefox cocok untuk Anda yang bekerja sebagai pengembang website. Dengan dukungan add on yang sangat banyak, pekerjaan Anda akan lebih mudah.

Jika dibandingkan dengan kedua browser di atas, Chrome adalah browser ‘termuda’. Namun meskipun sebagai browser baru, Chrome merupakan browser yang sangat akrab bagi penggunanya. Tampilannya sederhana, tidak terlalu banyak toolbar di sana sini. Sangat bersih.
Selain itu, karena Chrome merupakan web browser produksi raksasa Google, Chrome memiliki penyesuaian (integrasi) yang baik dengan produk-produk Google lainnya.

Kelebihan Chrome

Untuk masalah kecepatan loading website, Chrome adalah web browser tercepat dibanding 2 web browser di atas.
Selain itu, Chrome juga merupakan web browser yang paling aman dari kedua web browser di atas. Waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan Chrome pun lebih cepat dibanding Firefox dan IE.

Kekurangan Chrome

Satu-satunya kelemahan Chrome adalah Chrome menghabiskan banyak memori. Tes yang dilakukan oleh Life Hacker menyebutkan bahwa pada kondisi 9 tab terbuka, Chrome menghabiskan lebih banyak memori diabandingkan dengan IE dan Firefox.
Hal ini dapat menyebabkan Chrome menjadi hang ketika diberi perintah yang cukup banyak. Chrome tidak bisa diapa-apakan untuk beberapa detik.

Siapa yang cocok menggunakan Chrome?

Chrome cocok untuk Anda yang hanya melakukan sedikit pekerjaan pengembangan web (web development) atau bahkan tidak melakukan sama sekali. Chrome juga cocok untuk Anda yang membutuhkan kecepatan load yang paling baik dengan keamanan yang baik pula (cocok untuk main-main akun online).

Jika hanya melihat kecepatannya, Chrome adalah browser tercepat. Tapi bagaimana jika faktor-faktor lain diikutsertakan sebagai bahan pertimbangan?
Seperti judul artikel ini, sebaiknya Anda tidak hanya mempertimbangkan kecepatan loadingnya saja. Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti keamanan dan konsumsi sumber daya komputer.
Saya sendiri menggunakan 2 browser. Chrome untuk keperluan browsing, dan Firefox untuk keperluan desain blog.
Demikianlah yang dapat saya bagikan untuk Anda. Anda punya tips lain? Atau bahkan rekomendasi browser lain? Ceritakanlah.



Sumber:
Referensi:
  • http://lifehacker.com/5884941/browser-speed-tests-chrome-17-firefox-10-internet-explorer-9-and-opera-1161

  • http://www.acebyte.com/knowledgebase/how-to-choose-the-best-internet-browser.html

  • http://www.esecurityplanet.com/browser-security/which-browser-is-best-for-security.html
Gambar :
  •  http://www.internetbrowsersoftware.net/wp-content/uploads/2010/02/top-best-browsers.jpg


Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar

Tidak ada komentar:

Silahkan Sahabat pilih dan inputkan kode emoticons di bawah ini untuk dapat melihat hasilnya. Ex: :) dan seterusnya.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar